Thursday 20 August 2015

Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi

Ibu mana yang tidak khawatir jika melihat pantat bayi bahkan terkadang selangkangan buah hatinya kemerahan terkena ruam popok. Seperti aku nih sampai tanya sana sini, beli obat ini itu buat nyembuhin Nares bayiku yang baru berusia 1 bulan.
           Awal mulanya sih...aku keantengan kalau Nares pake pospak, apalagi kalau malam Nares anteng bobo akunya juga ikut nyenyak tidur....hehehe... Ternyata itu jadi masalah buat kulitnya yang masih mulus.
Pantat dan area selangkangan Nares jadi kemerahan, kebayang deh bagaimana perihnya...kalau orang dewasa pasti dah Nares marah- marah sama aku yang ceroboh.
           Penyebab ruam popok adalah lembab dan kotornya area pantat dan selangkangan karena BAK dan BAB. Oleh karena itu selalu jaga area ini tetap kering dan bersih supaya kulit bayi tidak terkena ruam. Cara mencegah ruam popok sebagai berikut :
  1. Ganti pospak tiap 3-4 jam sekali, jangan menunggu pospak sampai penuh. meskipun baru dipakaikan tapi bayi dah BAB ya langsung diganti...jangan nunggu 3-4 jam baru diganti ya....
  2. Jika sudah terkena ruam popok obati dengan cara tradisional saja supaya lebih aman. Caranya ambil minyak kelapa 6 sendok makan masukkan ke mangkok kaca dan kukus selama 15 menit di atas dandang yang sudah mendidih airnya. Dinginkan minyak kelapa tersebut dan oleskan pada area yang terkena ruam popok setiap habis mandi, jangan lupa keringkan dulu pake handuk baru dioleskan minyak kelapanya.... 
Alhamdulillah dengan cara tersebut Nares cepet sembuh ruam popoknya...



No comments:

Post a Comment