Saturday 16 July 2016

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Pediculus humanis capitis namanya memang keren ya,eits tapi jangan mau kenalan sama si Pedi ini  karena dia bikin gatel kepala horornya lagi dia bisa ngisep darah kita.
Pediculus humanis capitis nama lain dari kutu rambut. Kutu rambut senang sekali tinggal di rambut yang kotor dan tak terawat. Anak - anak sangat rentan tertular kutu rambut karena kedekatannya dengan teman- temannya saat bermain bersama. Orang tua kadang sampai jengkel karena sudah berulang kali mengusir kutu rambut tapi tetap saja rambut anak didatangi kutu rambut. Oleh karena itu orang tua harus bekerjasama dengan orang tua yang lain untuk membasmi kutu rambut secara kompak. Penyebab utama dari datangnya kutu rambut adalah kurang terjaganya kebersihan kulit kepala. Selain itu bisa juga karena kontak langsung seperti:
  1. Menggunakan sisir orang lain yang memiliki kutu. Biasanya telur kutu menempel pada sisir,saat sisir dipakai orang lain saat itulah telur berpindah.
  2. Menggunakan handuk,topi,jilbab atau penutup kepala penderita kutuan juga beresiko menularkan kutu
  3. Perawatan rambut menggunakan obat kimia berbahaya juga bisa menjadi penyebab datangnya kutu rambut. 
 Kutu rambut yang sudah beranak pinak di kepala bisa ditandai saat anak semakin sering menggaruk garuk kulit kepala. Kutu rambut yang sudah banyak biasanya akan berjalan disekitar leher dan telinga. Keberadaan kutu rambut jangan disepelekan  karena selain menimbulkan rasa perih dan gatal, membuat anal tidak nyenyak saat tidur. Tidur yang tak nyenyak ini akan menyebabkan pertumbuhan anak kurang optimal begitupun kecerdasanya.
Cara menghilangkan kutu rambut secara tradisional bisa dicoba seperti :
  1. Cuka. Oleskan cuka di kulit kepala, diamkan kemudian keramas. Penggunaan cuka yang berlebihan bisa menyebabkan alergi pada kulit kepala, oleh karena itu jangan gunakan terlalu sering. 
  2. Minyak Kelapa. Oleskan secara merata minyak kelapa pada kulit kepala dan rambut, diamkan semalaman dan tutup dengan kain / handuk. Pagi hari keramas seperti biasa menggunkan sampo. 
  3. Minyak Kayu putih dan jeruk nipis. Buat campuran minyak kayu putih dan air jeruk nipis, oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama 2 jam. Bilas dengan air hangat saat keramas dengan sampo. 
Kutu rambut semakin tidak betah di kepala jika rambut sering disampo. Saat rambut penuh busa gunakan kain yang berwarna cerah untuk menggosok gosok rambut dan kulit kepala, biasanya kutu dan anak anaknya menempel pada kain tersebut. Menyisir rambut dengan serit (sisir yang giginya rapat) juga efektif untuk menjaring kutu.
Selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment